Hal Yang Harus Dilakukan dan Jangan Dilakukan Dalam Meminjam Uang

Pinjaman adalah kemudahan yang luar biasa. Mereka dapat membantu Anda membeli barang-barang yang sebelumnya tidak akan mampu Anda beli sendiri. Anda dapat menggunakan pinjaman untuk apa saja mulai dari membeli rumah atau mobil hingga membayar utang, menangani keadaan darurat keuangan, atau mengambil liburan yang sangat dibutuhkan.

Betapapun nyaman dan menguntungkannya pinjaman, jika Anda gagal mengelolanya dengan benar, itu bisa merusak keuangan Anda. Tidak hanya akan memberi tanda negatif pada riwayat kredit Anda, tetapi juga dapat menghasilkan kebebasan finansial yang menanjak. Jika Anda berpikir untuk mengajukan pinjaman dalam bentuk apa pun, ingatlah hal yang harus dan tidak boleh dilakukan ini.

LAKUKAN Terapkan dengan Pemberi Pinjaman Terkemuka

Percaya atau tidak, ada banyak penipuan di luar sana yang berkaitan dengan pinjaman, terutama jika Anda mengajukan pinjaman hari gajian. Ketika Anda mulai mencari pemberi pinjaman terbaik untuk melamar, pastikan untuk melakukan uji tuntas Anda. Ini berarti memeriksa lokasi seperti Better Business Bureau atau situs ulasan online untuk menentukan validitas dan pengalaman keseluruhan melakukan bisnis dengan pemberi pinjaman tertentu.

Setelah Anda mengetahui di mana menemukan alternatif pinjaman bayaran, periksa untuk melihat apa yang orang lain katakan tentang mereka dan juga untuk menentukan apakah mereka memiliki lisensi yang tepat untuk menjadi pemberi pinjaman di negara bagian Anda.

LAKUKAN Baca Dokumen Pinjaman Sepenuhnya

Sangat menyenangkan untuk melihat bahwa Anda telah disetujui untuk pinjaman. Saat Anda terikat atau perlu mendapatkan uang tunai dengan cepat, mungkin tergoda untuk hanya menandatangani garis putus-putus dan melanjutkan tanpa berpikir dua kali.

Namun, Anda tidak pernah tahu apa yang Anda tanda tangani. Sangat penting bahwa Anda membaca dokumen pinjaman Anda sepenuhnya. Anda ingin memahami apa tanggung jawab Anda dan apa yang terjadi jika Anda tidak dapat memenuhi kesepakatan Anda.

Jika Anda tidak yakin dengan persyaratan atau aturan kontrak pinjaman, yang terbaik adalah mengajukan pertanyaan sebelum menandatangani atau Anda bisa menyesalinya.

Lakukan Pembayaran Tepat Waktu

Setelah Anda menyetujui persyaratan dan peraturan pinjaman, Anda bertanggung jawab untuk membayar saldo ditambah bunga kembali secara penuh. Anda harus melakukan pembayaran ini tepat waktu.

Kamu Harus Baca:  Cara Gampang Transfer Uang melalui Indomaret serta Alfamart

Pembayaran yang terlambat dapat menyebabkan segalanya, mulai dari cek terpental dan biaya dana yang tidak mencukupi dari bank Anda hingga biaya keterlambatan dan penalti dari pemberi pinjaman.

JANGAN Berbohong pada Aplikasi Anda

Meskipun mendapatkan persetujuan untuk pinjaman tertentu bisa jadi sulit, berbohong bukanlah solusi. Anda tidak boleh memalsukan informasi untuk meningkatkan peluang persetujuan Anda.

Apakah Anda memiliki kredit yang buruk atau penghasilan kecil, yang terbaik adalah bersikap terbuka dan jujur ‚Äč‚Äčtentang keuangan Anda. Berbohong dapat mengakibatkan penolakan dan ketidakmampuan untuk menerapkan lagi di masa depan.

JANGAN Mengambil Lebih dari yang Anda Mampu

Tidak peduli seberapa kekurangan uang tunai Anda, Anda tidak boleh mengajukan lebih banyak dana yang dapat Anda bayar kembali. Anda dapat mempelajari biaya pinjaman yang sebenarnya dan membandingkannya dengan anggaran Anda.

Meskipun mungkin melegakan untuk mendapatkan sejumlah besar uang tunai yang disetorkan ke akun Anda, ketika saatnya tiba untuk membayarnya kembali, Anda akan menemukan diri Anda dalam dunia yang bermasalah. Anda akhirnya akan tertinggal dalam pembayaran yang akan menghasilkan lebih banyak bunga, biaya, dan riwayat kredit yang hancur.

Kegagalan untuk membayar kembali pinjaman tertentu bahkan dapat mengakibatkan tuntutan hukum, pemotongan upah, pemotongan pajak penghasilan, dan pengambilalihan aset pribadi Anda.

JANGAN Abaikan Pemberi Pinjaman

Apakah ada sesuatu yang muncul secara finansial yang membuat Anda tidak dapat melakukan pembayaran tepat waktu? Jika demikian, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah mengabaikan pemberi pinjaman ketika mereka mencoba untuk menjangkau.

Ini dapat membuat mereka percaya bahwa Anda tidak mau membayar sesuai kesepakatan dan memaksa mereka untuk mengambil tindakan penagihan lebih lanjut terhadap Anda. Alih-alih, bicaralah dengan mereka dan beri tahu mereka apa yang sedang terjadi dan cobalah mencari solusi lain.

Meminjam uang bukanlah masalah. Semua orang melakukannya. Namun, ketika Anda meminjam uang dan Anda tidak bertanggung jawab, di sinilah masalah mulai berkembang. Saat mengambil pinjaman dalam bentuk apa pun, Anda harus berlatih menjadi peminjam yang bertanggung jawab.

Kamu Harus Baca:  Cara Mengelola Gaji 3 Juta untuk Pegawai, Tidak Susah!

Dengan mengingat hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan, Anda akan membangun hubungan positif dengan pemberi pinjaman yang dapat membantu Anda mencapai beberapa tujuan terbesar dalam hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.